Ulang Tahun Kota Batu ke-12

Alutsista-1

Peringatan Hari Ulang Tahun Kota Batu yang ke-12 tahun ini, bisa dikatakan cukup istimewa. Mengapa istimewa? Karena disamping ada acara gelar wayang kulit semalam suntuk bersama dalang yang sangat tersohor yaitu Ki Manteb Soedharsono, juga ada pawai dan pameran Alutsista (Alat Utama Sistem Pertahanan) dari TNI AD, AL dan AU.Alutsista-2

Acara pameran ini berlangsung dari tanggal 19 – 21 Oktober 2013 di area Stadion Brantas Kota Batu. Sehari menjelang gelar acara pawai dan pameran tersebut, belasan Ranpur (Kendaraan Tempur) sudah memasuki Kota Batu dengan pengawalan anggota TNI dan Polri. Meriam, Panser, dua Tank “Scorpion”, dan jenis Ranpur-ranpur lainnya dikumpulkan di Office-Block (Depan Hotel Kartika Wijaya) untuk persiapan pawai dari Pemkot menuju ke Stadion Brantas. Ratusan tentara, polisi, provost serta PM tampak berjaga-jaga dan sibuk mempersiapkan acara.

Pawai berlangsung sangat singkat, ranpur-ranpur berbaris menyusuri pusat Kota Batu yang sudah penuh dengan masyarakat yang ingin menyaksikan pawai. Acara pawai kemudian dilanjutkan dengan acara Pameran Alutsista di tanah lapang sebelah selatan Stadion Brantas. Minat masyarakat terhadap pameran sangat luar biasa. Rasa ingin tahu yang tinggi serta keinginan untuk bisa bersentuhan langsung dengan senjata-senjata yang biasa digunakan oleh anggota TNI menjadikan pameran ini penuh sesak. Para anggota TNI yang berjaga di stand pameran juga sangat ramah dalam menjawab tiap pertanyaan dari pengunjung atau melayani mereka yang sekedar ingin berfoto bersama. Tidak ada kesan angker sama sekali. Masyarakat diizinkan berpose dengan membawa senjata-senjata asli milik TNI, bahkan di stand Polisi Militer masyarakat dipinjami seragam PM lengkap dengan Helm putihnya, serta diperbolehkan menaiki sepeda motor PM yang super besar sekedar untuk berfoto. Para PM di sini juga berbaur dengan ramah. Di ruang pameran ini masyarakat dapat belajar untuk mengenali jenis-jenis senjata, seragam dengan segala asesorisnya untuk mengantongi peluru, granat dll. Serta alat-alat militer.

Alutsista-3

Keluar dari ruang pameran senjata-senjata ringan, di halaman luar sudah berjajar Tank-tank, Meriam, Kapal, Pesawat, yang boleh dinaiki oleh siapa saja yang ingin “mejeng” atau bergaya di atas Ranpur-ranpur tersebut. Tank Scorpion yang gagah bebas dinaiki oleh anak-anak, bahkan orang dewasa sekedar untuk berfoto. Tentu saja ranpur-ranpur tersebut dijaga oleh para anggota TNI, namun mereka sangat ramah dan bersahabat. Banyak sekali masyarakat yang berfoto bersama dengan para anggota TNI tersebut. Juga dipamerkan perlengkapan logistik untuk mendukung para tentara yang sedang menjalankan misi. Di sini dipamerkan kompor dan peralatan masak seperti panci-panci berukuran jumbo yang biasa digunakan untuk menyediakan makanan bagi ratusan atau mungkin ribuan tentara.

Alutsista-4

Melihat pameran seperti ini, sepertinya semboyan “Bersama Rakyat TNI Kuat” benar-benar dapat terwujud. Jika rakyat merasa bahwa para tentara adalah sahabat mereka dan bukan sebaliknya, maka memang eksistensi TNI akan makin kuat. Pameran ini sekaligus semacam pertanggungjawaban TNI bahwa senjata-senjata yang dibeli dari uang rakyat tersebut memang benar-benar untuk melindungi masyarakat dari ancaman pihak-pihak yang ingin merebut kedaulatan negara. Dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

***

Tulisan & Foto By: Jatz, 23 Oktober 2013

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.