Tukang Potong Rambut

Usaha yang satu ini juga cukup berkembang di kota Batu. Banyak sekali ditemui kios-kios untuk pangkas rambut baik untuk pria dan anak-anak. Di pusat kota Batu kios-kios ini banyak sekali ada di Jl.Agus Salim, dekat dengan alun-alun kota, yang lainnya bertebaran di semua penjuru kota, baik yang ada tepi jalan besar, pasar, maupun yang ada di kampung-kampung.

Sekali potong rambut, untuk pria, biasanya ongkosnya sepuluh ribu rupiah, harga yang cukup pantas untuk kebutuhan saat ini. Memang fasilitas yang ada di kios-kios ini sangat terbatas, tapi itu sudah cukup untuk kebutuhan wongbatu pada umumnya, sementara bagi anda yang ingin mendapat fasilitas lebih dari itu seperti keramas, rebounding, atau semir rambut misalnya, bisa datang ke salon-salon yang juga cukup banyak di Kota Batu tapi tentunya dengan harga yang berbeda pula.

Akhir-akhir ini para tukang cukur rambut terlihat menempati pos-pos jaga yang dibangun pemerintah untuk masyarakat sekitar. Pos-pos jaga itu menjadi tempat cukur rambut permanen dan tidak lagi berfungsi layaknya sebagai pos jaga. Mungkin ada perhitungan khusus dengan pengurus warga setempat sehingga pos-pos tersebut diizinkan untuk tempat usaha. Semoga terjadi simbiosis mutualisma antara para tukang cukur dan warga setempat.

Yang paling unik dari tempat-tempat cukur seperti ini, biasanya para tukang cukur suka mengajak ngobrol pelanggan yang datang. Isi obrolan bisa beraneka ragam, mulai dari ngrasani  (membicarakan) pemerintah, seputar sepak bola, sampai kabar-kabar yang sedang atau telah terjadi dalam Kota Batu. Semua obrolan ini biasanya bersifat netral dan santun. Mungkin hal seperti ini yang tidak didapatkan pelanggan yang lebih memilih pergi ke Salon untuk mencukur rambut.

***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.