Tahu Tahwa di Kota Batu

Penjual Tahu Tahwa Keliling di Kota Batu
Penjual Tahu Tahwa Keliling di Kota Batu

Makanan yang disebut dengan Tahu Tahwa atau di daerah lain ada yang menyebutnya dengan Kembang Tahu ini tergolong jenis kuliner baru di Kota Batu. Sejauh pengamatan saya sampai tahun 2010 kuliner ini belum hadir di Kota Batu. Sampai sekarangpun belum ada warung yang menyediakan khusus menu tersebut, biasanya masyarakat membelinya dari para penjual yang berkeliling ke kampung-kampung dengan menggunakan gerobak yang telah didesain khusus agar dapat dibawa dengan sepeda motor.

Petunjuk mengapa disebut dengan “Tahwa” ini juga tidak jelas, di daerah Jakarta lebih dikenal dengan istilah “Kembang Tahu” dan mungkin di daerah lain menggunakan istilah yang berbeda. Namun menurut Wikipedia adalah sebagai berikut:

Tahu Tahwa 12“Tauhue (Hanzi: 豆花, hanyu pinyin: douhua), di Indonesia lebih umum dikenal dengan nama kembang tahu, adalah sebuah makanan kecil tradisional Tionghoa.
Tauhue erat hubungannya dengan tahu karena bahan dan cara pembuatan yang hampir sama. Kacang kedelai yang diperas menghasilkan susu kacang kedelai. Kedalam susu ini kemudian ditambahkan sedikit gipsum untuk menghasilkan bentuk yang lebih padat namun lunak. Jadilah tauhue ini sejenis tahu yang sangat lunak. Tauhue sangat populer di selatan Tiongkok. Biasanya dihidangkan bersama dengan air gula. Di Taiwan, tauhue biasanya juga dihidangkan bersama kacang merah, air jeruk nipis untuk menambah keragaman rasa.”

Ya seperti itulah yang dikatakan Wikipedia, bedanya kalau di luar negeri kita Tahwa tersebut dihidangkan dengan air gula atau air jeruk nipis, maka di negeri kita Tahwa dikucuri dengan air jahe panas dan sering juga ditambah dengan kacang tanah. Penyajiannya biasanya dalam sebuah mangkuk. Harga per-mangkuknya rata-rata Rp.5000,-

Bagi yang suka masak dan ingin mencoba membuatnya sendiri, mungkin resep yang saya salin dari situs http://berita.grosirkeripik.com ini dapat membantu anda:

Bahan Tahwa :

  • 400 ml susu kedelai tawar
  • 1 sdt teh garam (bisa di skip, saya tidak pakek garam)
  • 1 sdt agar-agar bubuk warna putih
  • gorengan kacang tanah

Kuah Jahe:

  • 1 liter air
  • 1 sdm gula pasir (bisa ditambah sesuai selera juga)
  • 150 gram gula jawa, diiris tipis-tipis
  • 50 gram jahe dikupas dan diiris tipis-tipis
  • 1 lembar daun pandan dipotong-potong.

Cara membuat:

  1. Masak susu kedelai dan agar-agar hingga mendidih, lalu dinginkan
  2. Rebus semua bahan kuah hingga mendidih
  3. Sendoki puding tahu tipis-tipis, letakkan di mangkok dan siram dengan kuah jahe, sajikan hangat. Tambahkan gorengan kacang sebagai pelengkap.

Selamat mencoba!

***

By: Jatz; 11 Oktober 2014

Sumber: Wikipedia | http://berita.grosirkeripik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.