Stadion Brantas

Tidak terasa usia dari Stadion Brantas di Kota Batu sudah 30 tahun lebih sejak diresmikan pada tanggal 28 Juni 1979 oleh Menteri Dalam Negeri yang menjabat pada waktu itu yaitu Bapak Amir Machmud. Stadion ini tidak banyak mengalami perubahan, meskipun ada beberapa renovasi di beberapa bagian tetapi tidak banyak mengubah bentuk aslinya.

stadion-1

Dulu stadion ini sering ramai dikunjungi masyarakat Kota Batu saat masih sering digelar pertandingan sepak bola “Gala Desa” yang diadakan setahun sekali. Pertandingan Gala Desa adalah pertandingan sepak bola antar desa dalam wilayah Kota Batu yang pada waktu masih berstatus kecamatan. Diantara nama-nama persatuan sepak bola yang masih bisa saya ingat pada masa itu antara lain: PS Soft – Songgokerto; PS Trunojoyo – Meduran; PS Pesat – Mbeji; PS Taruna Sikab – Kampung Baru, Sisir; dan persatuan-persatuan lain yang berasal dari desa-desa seantero Kota Batu. Sementara persatuan sepak bola Kota Batu yang anggota tim nya merupakan gabungan dari para pemain terbaik dari PS-PS di atas bernama PS Batu Putra.

stadion-2Selain untuk kegiatan olahraga, stadion ini juga dijadikan tempat upacara untuk memperingati hari-hari besar seperti Upacara 17 Agustus, Peringatan Hari Pahlawan, Hari Pramuka, Hari Kebangkitan Nasional  dan Hari Pendidikan Nasional. Di stadion ini pula aneka acara Live musik sudah pernah digelar. Tak tanggung-tanggung, para musisi kondang seperti Iwan Fals, GIGI, OS Soneta, dan grup-grup terkemuka lainnya pernah manggung di sini.

Hingga kini, stadion ini masih sering dijadikan tempat untuk memperingati hari kemerdekaan RI, terutama untuk upacara dan mengatur para peserta karnaval yang biasanya diberangkatkan dari sini. Pada tiap-tiap bulan September, di stadion ini juga dijadikan tempat pemberangkatan acara Flower Festival yang sekarang menjadi acara tahunan di Kota Batu.

Menurut beberapa media, stadion ini akan direnovasi total menjadi sebuah stadion berstandar nasional agar lebih pantas dijadikan tempat untuk gelar-gelar olahraga bertingkat nasional. Bangunan fisik akan diperbarui dan kapasitas tempat duduk akan ditambah, namun menurut saya, hal tersebut agak susah dilakukan karena area stadion sangat terbatas, dekat dengan kampung dan sekolah, tapi mungkin saja ada solusi untuk hal tersebut.

Akhirnya, apapun perkembangannya nanti, semoga pembangunan Stadion Brantas masih berpihak atau mengutamakan masyarakat Kota Batu yang sudah hidup bersama dengannya selama 30 tahun lebih.

***

By: Jatz

11 Juni 2013

2 thoughts on “Stadion Brantas”

    1. Memang dulu sebutannya Gelora Brantas, tapi menurut prasasti peresmiannya namanya adalah Stadion Brantas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.