SDK Sang Timur Batu, Sekolahku dulu…

SDK-1

SDK Sang Timur di Kota Batu, adalah salah satu Sekolah Dasar tertua di Kota Batu. Sekolah yang berada dalam naungan Yayasan Karya Sang Timur ini sudah berdiri sejak tahun 1935. Sekolah ini memiliki halaman cukup luas sehingga memungkinkan bagi anak didik untuk melakukan berbagai aktivitas di luar kelas dengan leluasa.

Saat saya masih menjadi salah satu peserta didik di sekolah ini, sekitar tahun 1980-an, di halaman bawah dan juga di halaman atas terdapat pohon flamboyan yang cukup besar dan rindang. Di halaman bawah, di bawah pohon flamboyan inilah semua aktivitas siswa dilakukan, mulai dari berolahraga, bermain di waktu istirahat, dan upacara bendera. Sementara di halaman atas, di bawah pohon flamboyan ada bedak kue kecil milik Ibu Ngadiman yang menjajakan aneka jenis kue/jajan yang pada waktu itu masih seharga Rp.5,- per-kue. Kios kue yang sempit di bawah pohon flamboyan tersebut selalu dijejali dengan anak-anak pada waktu istirahat. Mereka saling berebutan untuk mendapat tempat terdepan sehingga bisa memilih kue yang diinginkan.

Sekarang, setelah hampir 30 tahun lebih setelah saya lulus dari sekolah tersebut, perkembangannya sangat luar biasa. Dua pohon flamboyan besar di halaman atas maupun bawah sudah lenyap, berganti dengan sebuah lapangan basket yang bagus. Tidak ada lagi tanah yang becek di halaman sekolah karena semua sudah ditutup dengan paving-stone.

SDK-2

Sarana-sarana lain seperti toilet untuk siswa dan guru sudah lebih bersih dan tertata dibandingkan dengan zaman dulu. Sarana penunjang aktivitas siswa seperti perpustakaan, lab.komputer, UKS, kantin, aula, juga sudah tersedia. Kelas-kelas masih mempertahankan bentuk kuno peninggalan zaman Belanda, hanya sekarang lantai dari kelas-kelas tersebut sudah diganti dengan keramik. Hal lain yang masih tersisa dari zaman dulu adalah tempat pengibaran bendera merah putih, bangunan berbentuk lingkaran tempat pengibaran bendera masih digunakan hingga kini. Satu lagi yang masih tersisa hingga tulisan ini dibuat adalah pohon cemara miring di halaman atas yang berdekatan dengan halaman SMP, yang hingga kini masih ada dan tetap miring. Dulu di depan pohon cemara miring tersebut ada bedak kecil milik Pak Dikin yang juga selalu dipenuhi anak-anak baik SD maupun SMP untuk membeli sepotong kue dan es yang dibungkus plastik panjang. Tempat dari es tersebut adalah sebuah termos dari besi yang sekarang sudah jarang kita jumpai lagi.

SDK Batu

Saat ini, dalam aneka kegiatan yang digelar di Kota Batu, SDK Sang Timur selalu dilibatkan. Hal yang mungkin dapat disaksikan oleh masyarakat secara langsung adalah Drum-Band SDK. Penampilannya sangat meyakinkan dengan atribut-atribut Sang Timur yang begitu khas, hal yang sangat sayang jika tidak dipertahankan.

Dengan kedisiplinan yang tinggi, sistem yang tertata, mutu guru yang bagus, dan peserta didik yang melimpah, saya yakin sekolah ini bisa mempertahankan mutu dan dapat berkembang sesuai dengan tuntutan pendidikan di masa-masa mendatang.

***

21 September 2013; By: Jatz

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.