Sa’Unine, Buaian Sepanjang Masa

saunine 1

Dari sekian banyak gelar musik yang diadakan di sekitar alun-alun Kota Batu, menurut saya yang paling unik dan langka adalah pertunjukan Sa’Unine String Orchestra, sebuah kelompok alat musik gesek asal Yogyakarta. Pertunjukan yang digelar tepat di tengah taman alun-alun Kota Batu ini diadakan tanggal 21 September 2011 dengan tajuk “Ngamen Tamasya 2011.” Gelar musik ini dilakukan dalam rangka peluncuran album kedua berjudul “Buaian Sepanjang Masa.”

saunine 2Sesuai dengan judul albumnya, “Buaian Sepanjang Masa,” maka lagu-lagu yang mereka bawakan sangat cocok untuk mengiringi seorang ibu yang sedang membelai anaknya, seperti: Lir-ilir, Lelo Ledhung, Nina Bobo, Timang-timang, Upiak dan Tidurlah Intan.

Produser Sa’Unine, N. Nuranto di salah satu media mengatakan, bahwa selain untuk mempromosikan album kedua mereka, tujuan gelar musik tersebut adalah untuk mendekatkan aliran musik mereka dengan masyarakat umum.

Jika musik-musik beraliran Rock atau Dangdut bisa diterima masyarakat, maka musik orkestra seharusnya juga bisa diterima melalui gelar-gelar musik di tempat umum dan untuk masyarakat umum, agar dengan mengenal maka akhirnya bisa menerima dan menyukai.

Saat Sa’Unine mengadakan pertunjukan di alun-alun, memang jumlah penonton lumayan banyak, namun dalam pengamatan saya, sebagian besar penonton tersebut berada di sana hanya sekedar untuk memenuhi rasa ingin tahu mengingat jenis musik seperti itu memang “tidak umum” untuk digelar di tempat umum. Namun karena tujuannya adalah untuk mengenalkan musik orkestra pada masyarakat umum, maka tujuan tersebut bisa dikatakan berhasil.

Bagi yang tidak terbiasa mendengarkan musik jenis klasik, mungkin agak kesulitan untuk menikmati musik ala Sa’Unine, perlu didengarkan berulang-ulang untuk sampai pada tahap bisa menikmati.

saunine 3Gelar musik “tidak umum” di tempat umum memang perlu satu dua kali diadakan, agar wawasan musik masyarakat bertambah dan akhirnya tingkat apresiasi masyarakat terhadap musik pun meningkat.

***

Foto dan Tulisan by: Jatz, 8 Juli 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.