Pom Bensin pertama…

Tentunya masyarakat Kota Batu sudah mengenal SPBU atau lebih sering disebut dengan Pom Bensin yang berada di Jl.Diponegoro. Meski jenis bahan bakar berganti-ganti nama, masyarakat tetap saja menyebut dengan kata “bensin.” Pom bensin ini juga bisa dikatakan “legenda” bagi Kota Batu karena meski sudah cukup tua namun masih mampu bertahan sampai sekitar pertengahan tahun 2016 sebelum akhirnya berhenti beroperasi.

Menurut sharing dari beberapa wongbatu di grup facebook “Kisah Kota Batu”, sejarah Pom Bensin di Kota Batu dimulai tahun 1973 yang pada waktu itu berlokasi di area yang sekarang ditempati oleh Masjid Agung An Nur, satu komplek dengan Kantor PTT (Pos, Telepon & Telegram) dan juga tempat-tempat legendaris seperti Pos Ketan, Warung Sidik, Pak Man “Koran,” dan juga Pak Said “Es Campur.”

Dahulu, sebutan bagi karyawan SPBU adalah karyawan pertamina, dan pom bensin ini adalah satu-satunya di Kota Batu. Kemudian sekitar tahun 1976, Pom Bensin ini pindah ke pojok pertigaan yang menghubungkan Jl.Diponegoro dengan Jl.W.R.Supratman, menghadap ke timur. Karyawannya masih menggunakan seragam warna oranye. Entah di tahun berapa Pom Bensin ini kemudian pindah lagi di Jl. Diponegoro sampai sekitar pertengahan tahun 2016.

Beberapa tahun kemudian sebuah pom bensin baru dibangun di Desa Songgokerto atau tepatnya di Jl.Arumdalu Kota Batu. Pom ini terletak persis di tikungan jalan yang akan menuju kawasan wisata Songgoriti. Di hari libur pom ini tampak begitu penuh dengan antrian mobil dan sepeda motor.

Setelah beberapa lama, kemudian muncul satu pom bensin lagi di Jl.Panglima Sudirman Kota Batu, tepat di sebelah timur Jl.Lahor. Dulu di lokasi tersebut pernah menjadi sebuah restoran dengan nama Restoran Dragon, namun kemudian tutup dan berubah menjadi pom bensin. Pom ini ada di tepi sebuah jurang cukup dalam yang dulu kesannya begitu menakutkan karena beberapa kali terjadi kecelakaan di sekitar jurang ini. Pom yang berada di jantung Kota Batu ini cukup membantu masyarakat lokal dan para wisatawan karena lokasinya yang berada di jantung Kota Batu.

SPBU Jl.Diponegoro | SPBU Jl.Panglima Sudirman
SPBU Jl.Diponegoro | SPBU Jl.Panglima Sudirman

Jika dijumlah maka total jumlah pom bensin yang berada di dalam Kota Batu ada 3 buah, itu belum termasuk pom-pom yang terletak di tepi Kota Batu. Dengan meningkatkanya tingkat kepemilikan kendaraan masyarakat, maka keberadaan pom-pom ini sangat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan akan bahan bakar.

***

Foto dan Tulisan By: Jatz, 29 Januri 2015

2 thoughts on “Pom Bensin pertama…”

  1. Maaf…correct ya admin…SPBU pertama di kota Batu dulu berada di sekitaran halaman masjid An Nur…baru pd thn 1976 pindah di jl Diponegoro.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.