Poliklinik BKIA “Margi Rahayu”

BKIA "Margi Rahayu"
BKIA “Margi Rahayu”

Poliklinik BKIA yang berada di Jl.Panglima Sudirman 96 Kota Batu ini sudah melayani masyarakat di Kota Batu dan sekitarnya mulai tahun 1958. Nama resminya adalah Poliklinik BKIA “Margi Rahayu,” yang kalau di-Indonesiakan artinya kira-kira “Jalan Keselamatan,” namun sejak dulu wongbatu lebih sering menyebutnya dengan Katulik. Jarang yang menyebutnya BKIA atau Margi Rahayu, selalu menggunakan istilah Katulik, mungkin karena BKIA tersebut milik lembaga Katolik.

Pendiri Poliklinik BKIA Margi Rahayu adalah para biarawati dari Kongregasi S.S.p.S. yang datang ke Kota Batu pada sekitar tahun 1954, kemudian mendirikan BKIA pada tahun 1958.

Saya masih ingat, dulu antrian pasien yang menunggu pengobatan di BKIA ini sangatlah banyak. Bahkan ada yang datang pagi-pagi sekali untuk mendapatkan nomor antrian yang pertama. Saya sendiri sebenarnya malas datang ke tempat ini karena bayangan akan jarum suntik dan bau ruangan yang penuh dengan obat-obatan bagi saya begitu menakutkan, namun apa daya, tiap kali sakit, tiap kali pula saya mendatangi tempat ini. Saya juga masih ingat bahwa dulu pasien dengan sakit yang lumayan parah datang ke tempat ini dengan menggunakan dokar. Jumlah kendaraan pribadi masih sangat sedikit, sehingga dokar menjadi pilihan yang cukup memadai pada saat itu.

Tahun berganti tahun. Saya tidak tahu persis perkembangan BKIA ini, namun keberadaannya masih bertahan hingga tulisan ini dibuat. Berdiri tahun 1958, tentu bukanlah usia yang tidak muda lagi. Zaman terus berkembang, namun kebutuhan akan kesehatan tentu tetap diperlukan. Memang saat ini BKIA Margi Rahayu bukanlah satu-satunya di Kota Batu, namun jika kualitas dan pelayanannya maksimal saya yakin BKIA “Katulik” ini akan tetap menjadi pilihan bagi wongbatu dan sekitarnya.

***

Tulisan & Foto By: Jatz; 05 Juni 2014

2 thoughts on “Poliklinik BKIA “Margi Rahayu””

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.