Patriot Kota Batu Tampil di Karnaval HUT RI ke-72

Seperti biasa, setiap kali memperingati HUT RI di Kota Batu selalu diadakan karnaval kesenian dan kebudayaan. Di pawai yang diadakan tanggal 20 Agustus 2017 ini tema yang harus diusung oleh peserta karnaval adalah tema kepahlawanan. Ada aneka macam bentuk kreativitas yang ditampilkan peserta untuk mengusung tema tersebut. Beberapa peserta mencuplik adegan pada saat Presiden Soekarno membacakan teks proklamasi lengkap dengan rekaman asli suara beliau. Peserta lain lagi ada yang berbusana mirip Tuanku Imam Bonjol dengan dilengkapi pernik-pernik yang mendukung.

Namun bagi saya yang paling menarik adalah kelompok peserta yang mengangkat pahlawan-pahlawan asli dari Kota Batu. Memang nama para pahlawan tersebut tidak terkenal seperti pahlawan-pahlawan nasional, namun bagaimanapun juga mereka adalah juga pahlawan bagi Kota Batu di masa perjuangan.

Kelompok ini membawa banner-banner bertuliskan nama-nama pahlawan Kota Batu seperti Kasan Kaiso; Moh.Sahar; Bejo; Ihkwan Hadi; Abdul Gani; Munip; lengkap dengan ringkasan riwayatnya. Di sepanjang perjalanan karnaval dari pengeras suara di mobil ada suara yang terus-menerus tanpa henti membacakan riwayat dari para pahlawan tersebut.

Menurut saya hal seperti ini sangat bagus agar masyarakat Kota Batu mengenal pahlawan dari kotanya sendiri, dan sekaligus memberi wacana bahwa pahlawan-pahlawan yang gagah berani pernah ada dan berjuang demi Kota Batu.

***

JATZ, 28 Agustus 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.