Mimosa; Bioskop di Kota Batu tahun 1941

Dulu & Sekarang
Dulu & Sekarang

Satu-satunya gedung bioskop yang ada di Kota Batu disekitar tahun tahun 1941 adalah Bioskop Mimosa, atau pada zaman tersebut disebut Bioscoop Mimosa.  Pada masa itu bioskop ini diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar Batu khususnya bagi warga Belanda yang pada waktu itu kebanyakan dari mereka bekerja sebagai mandor di perkebunan.

Gambar bioskop mimosaDi tahun tersebut tempat tinggal warga Belanda tersebar di beberapa lokasi disekitar Kota Batu. Beberapa sisa bangunan Belanda masih dapat kita lihat hingga kini. Dalam foto yang diambil tahun 1941 tersebut, menunjukkan sebuah acara aksi di Hindia Belanda dalam penggalangan dana untuk pembelian kapal perusak “Van Galen” tahun 1941. Ada huruf “V” besar di atas loket yang bisa saja merupakan simbol “Victory,” atau kemenangan.

Saat foto tersebut diambil judul film yang sedang diputar adalah “You can’t take it with you” yang disutradarai oleh Frank Capra tahun 1938. Frank Robert Capra atau biasa dipanggil dengan Frank Capra adalah seorang sutradara Amerika kelahiran Italia. Saat berumur 6 tahun Frank hijrah ke Amerika dan menjadi sutradara terkenal sekitar tahun 1930 sampai 1940 dan sudah beberapa kali memenangkan Piala Oscar.

Sekarang, sisa dari kemegahan Bioskop Mimosa sudah tidak berbekas sedikitpun. Lokasi tersebut kini berubah menjadi toko sepeda motor dengan bangunan yang sudah modern sehingga bagi generasi muda Kota Batu, rasanya sulit mempercayai bahwa dulu di lokasi tersebut berdiri sebuah gedung bioskop yang menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Kota Batu pada masa itu.

***

By: Jatz, 28 Mei 2013

Sumber: Wikipedia & Esai Adjie Soeroso

2 thoughts on “Mimosa; Bioskop di Kota Batu tahun 1941”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.