KWB Bird Club

Anda suka memelihara burung berkicau? Jika ya, maka anda bisa bergabung untuk latihan atau mengadu kemampuan burung anda di arena Lomba Burung Berkicau yang secara rutin diadakan di area sebelah selatan stadion Gelora Brantas Kota Batu setiap hari Sabtu siang hingga sore hari.

Nama komunitas pecinta burung berkicau ini adalah KWB Bird Club. Entah sejak kapan club ini dibentuk, namun yang pasti club ini eksis dan selalu aktif mengadakan lomba seminggu sekali.

Jenis-jenis burung yang diperlombakan antara lain: Burung Punglor Merah, Cucak Ijo, Kacamata, Cendet, Kacer, Love Bird, Cucak Jenggot, Murray Batu, Kenari, Tledekan, dan Prenjak.

Pendaftaran lomba dibagi dalam tiga kelompok yaitu:

  • Kelas Bintang dengan biaya pendaftaran Rp.30.000,-
  • Kelas KWB: Rp.20.000,- ;
  • Kelas Favourite: Rp.10.000,-

Bird-Club-1

Dengan adanya pilihan ini peserta bebas untuk memilih untuk mendaftar di salah satu kelompok, tentu saja jumlah hadiah dari masing-masing kelompok juga berbeda dan tidak mengikat, artinya jika peserta kalah bertanding di kelompok Kelas Bintang misalnya, maka peserta bisa mendaftar lagi di Kelas KWB dst.

Besar nominal untuk juara I, II, III dst. ditentukan oleh jumlah peserta dimana ukuran terbanyak adalah 36 orang ke atas. Untuk Kelas Bintang misalnya, jika peserta yang mendaftar lebih dari 36 orang, maka pemenang pertama mendapatkan uang sejumlah Rp.400.000,- Untuk Kelas KWB pemenang pertama mendapat Rp.200.000,- dan untuk Kelas Favourite mendapatkan Rp.100.000,- Jika jumlah peserta kurang dari 36 orang, maka jumlah hadiahnya pun akan berkurang.

Bird-Club-2

Waktu lomba tiap kelompok rata-rata lima menit. Dalam waktu yang sangat terbatas tersebut sang burung harus mampu mengeluarkan kicauan-kicauannya yang indah, jika tidak, maka sudah pasti akan kalah. Tata cara lomba ini menurut pengamatan penulis sangatlah sederhana, ketika panitia mengumumkan kelompok yang akan bertanding, maka dengan cepat para peserta membawa burung mereka ke arena lomba, lalu dengan menaiki kursi plastik yang sudah disiapkan, mereka mengkaitkan sangkar burung di gantangan sesuai dengan nomor yang sudah diatur oleh panitia, setelah itu peserta menepi diluar arena dan menunggu penilaian dewan juri. Juri terdiri dari enam orang, masing-masing juri akan mengamati secara cepat tiap burung yang sudah diletakkan di gantangan. Selama penilaian para pemilik burung dilarang memprovokasi para juri dengan teriakan-teriakan memanggil nama juri, atau nomor gantangan yang ditempati burung. Begitu seterusnya sampai seluruh kelompok bertanding.

Bird-Club-3

Dari pengamatan penulis, sangkar dari burung-burung ini ketika dibawa ke area lomba selalu ditutupi dengan kain hingga tak terlihat dari luar. Menurut salah seorang pecinta burung yang ada di lokasi, tujuan mengapa sangkar tersebut ditutupi kain adalah agar sang burung “beristirahat” (agar sang burung tidak berkicau sebelum saat yang dikehendaki). Di dalam sangkar juga tidak terdapat makanan dan minuman seperti biasanya, kata sumber tersebut hal tersebut sengaja dilakukan agar sang burung tidak makan atau minum selama lomba, yang tentunya akan mengurangi penilaian, kain-kain penutup sangkar tersebut dilepas beberapa menit sebelum perlombaan akan dimulai. Setelah mengikuti lomba, kain penutup tersebut juga segera dipasang kembali.

Daftar Jadwal Lomba
Daftar Jadwal Lomba

Masih menurut sumber yang sama, tujuan lomba seperti ini sebenarnya adalah untuk menaikkan nilai jual burung. Burung yang sudah pernah menang dalam beberapa perlombaan dan mendapatkan sertifikat, maka nilai jualnya akan sangat tinggi, berkisar antar Rp.200.000,- hingga puluhan juta rupiah. Karena ini lomba-lomba seperti ini sangat dinantikan oleh para penggemar burung berkicau. Selain untuk kepentingan bisnis, club ini juga menjadi semacam komunitas untuk saling bertukar ilmu dan pengalaman antara sesama penggemar burung.

Jika anda berminat, dan anda yakin bahwa burung anda punya kicauan yang indah, jangan terburu-buru untuk langsung mengikuti lomba, sebab ada jadwal untuk melatih kemampuan burung anda sebelum terjun ke arena yang sesungguhnya. Selamat mencoba.

***

Jatz, 11 Mei 2013

2 thoughts on “KWB Bird Club”

  1. kepada bapak juri yang ter hormat lomba burung di kwb semua fair play biar ramai seterusnya,dari dewi sri sekeluarga mengucapkan selamat hari raya idul fitri minal aidin wal faizin mohan maaf lahir batin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.