Klenteng Kwan Im Tong di Kota Batu

Satu-satunya Klenteng yang ada di Kota Batu adalah Klenteng “Kwan Im Tong” yang berlokasi di Jl.Gajah Mada. Letak bangunan klenteng ini ada di pojok perempatan besar jalan utama yang biasanya oleh masyarakat Kota Batu disebut dengan Perempatan BCA, karena di pojok perempatan ini juga terdapat bangunan BCA. Perempatan ini sendiri adalah pusat percabangan menuju ke Pemandian Selecta, Songgoriti, ataupun ke alun-alun kota.

Dulu waktu saya masih duduk di bangku SD, di bulan-bulan tertentu di klenteng ini ada pertunjukan boneka ala Cina yang biasanya disebut dengan pertunjukan “Wayang Titi.”  Boneka tersebut didandani dengan busana ala Cina, diiringi dengan musik yang menghentak-hentak seperti pada pertunjukan Barongsay, ceritanya pun mengambil kisah-kisah klasik Cina yang tidak begitu dipahami penonton. Pertunjukan ini diadakan pada malam hari dan menurut kasak-kusuk masyarakat setempat, tujuan pertunjukan ini adalah untuk meminta hujan ketika musim kemarau terlalu panjang.

Klenteng-2

Entah sudah berapa tahun terakhir pertunjukan Wayang Titi ini tidak ada lagi. Klenteng yang bernuansa merah ini sehari-harinya tampak sepi meski pintu gerbanganya selalu terbuka. Pernah saya minta izin untuk memotret kepada penjaganya, saya diizinkan meski hanya di area terasnya saja, saya dilarang untuk masuk lebih dalam. Beberapa persembahan berupa buah dan makanan dari pengunjung tampak berjajar di sebuah meja yang mirip dengan altar di teras. Di tembok tampak gambar timbul seperti relief yang melukiskan Dewi Kwan Im yang sedang mengendarai seekor naga raksasa, kemudian di tiang-tiang penyangga bangunan, tampak gambar timbul berupa naga yang seakan sedang melilit tiang tersebut,  dan di salah satu rak berjajar patung-patung Buddha dengan berbagai gaya, serta pernik lainnya seperti lilin, sebuah wadah dari kuningan dsb.

Klenteng-3

Meski sudah cukup tua, Klenteng ini merupakan salah satu kekayaan yang dimiliki Kota Batu. Keberagaman kepercayaan, adat, etnis, maupun agama adalah hal yang sangat indah dan harus selalu dijaga.

***

Jatz, 08 Mei 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.