Kios Koran “Pak Man”

Kios Koran Pak Man
Kios Koran Pak Man

Rasanya tiap penduduk asli Batu sudah mengenal kios koran milik Pak Man. Kios yang terletak di Jl.Gajah Mada ini memang sudah bertahun-tahun menempati lahan sempit berhimpitan dengan gardu listrik kuno yang sekarang sudah berganti fungsi menjadi warung kopi. Menurut perkiraan saya, kios koran Pak Man ini sudah ada sejak sekitar tahun 1980-an, karena waktu saya masih duduk di bangku sekolah dasar kios ini sudah ada.

Sebenarnya nama kios ini adalah Penyalur Koran dan Majalah “Sinar Remaja,” namun lebih akrab dan lebih dikenal dengan kios koran Pak Man. Saya sendiri tidak tahu sebenarnya siapa nama lengkap dari Pak Man karena sudah terbiasa memanggilnya seperti itu. Saya pun baru memperhatikan kalau nama kiosnya adalah “Sinar Remaja,” padahal jika dilihat dari papan tempat tulisan tersebut dibuat, jelas sekali papan tersebut sudah menempel di dinding kios selama bertahun-tahun.

Sebelum munculnya kios-kios koran lain di Kota Batu, memang kios koran Pak Man menjadi andalan bagi masyarakat untuk membeli koran atau majalah terbaru. Bisa dikatakan, jika di kios ini koran atau majalah tidak tersedia, maka masyarakat harus pergi ke Malang untuk mendapatkan majalah-majalah terbaru.

Pernah suatu hari saat membeli koran saya iseng-iseng bertanya kepada Pak Man berapa lama ia menempati kios ini, katanya: “Wah sudah banyak tahun, gak bisa dihitung…” Saya tersenyum mendengar jawabannya karena memang kenyataannya seperti itu.

Saat ini, jumlah kios koran dan majalah di Kota Batu sudah jamak jumlahnya, namun kios koran Pak Man masih menjadi pilihan utama bagi masyarakat untuk membeli koran atau majalah. Pak Man sendiri sudah semakin terlihat tua, dan kadang yang menjaga kios tersebut adalah anaknya. Sebuah ketekunan yang bisa dijadikan contoh bagi kita semua…

***

Tulisan & Foto By: Jatz, 22 Mei 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.