Jalan Bukit Berbunga

Kios Bunga di kiri-kanan jalan
Kios Bunga di kiri-kanan jalan

Dari sekian banyak jalan besar di Kota Batu, nama jalan yang bagi saya unik sekaligus indah adalah Jalan Bukit Berbunga. Kata Bukit Berbunga sendiri lebih mengingatkan kita pada lagu ciptaan Yonas Pareira yang dipopulerkan oleh Uci Bing Slamet tahun 1982.

Jalan Bukit Berbunga merupakan jalur utama dari Kota Batu menuju ke kawasan wisata Selecta dan beberapa spot rekreasi lainnya seperti Arboretum dan sumber air panas Cangar. Di sisi kiri dan kanan sepanjang jalan ini berjejer lapak-lapak sederhana yang menjajakan aneka jenis bunga hias yang berwarna-warni. Bunga-bunga tersebut diletakkan berjajar dengan rapi dalam polybag-polybag dengan berbagai ukuran sesuai dengan besarnya tanaman. Mungkin karena itulah maka jalan yang menanjak ini kemudian disebut dengan Jalan Bukit Berbunga.

Selain bunga, disepanjang jalan ini juga berjajar resto, hotel, dan villa. Banyak pengembang yang tertarik untuk membangun di kawasan ini karena pemandangannya memang sangat indah. Dari jalan ini kita bisa menyaksikan hamparan pegunungan yang mengelilingi Kota Batu. Gunung Panderman, Gunung Banyak, Gunung Arjuno serta gugusan pegunungan dapat kita saksikan dari sini. Sebagai jalur utama menuju ke tempat-tempatĀ  wisata di sebelah utara Kota Batu, maka jalan ini cukup padat di hari-hari besar, liburan dan akhir minggu.

Semoga keindahan jalan ini dapat seindah lagu Bukit Berbunga yang dinyanyikan oleh Uci Bing Slamet.

***

Tulisan & Foto By: Jatz

13 Oktober 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.