Jalan Agus Salim Saat Ini…

Suasana Jl.Agus Salim dulu dan sekarang sudah jauh berbeda. Jalan utama menuju ke pasar besar Kota Batu ini dulu hanya ramai pada pagi hingga sore hari, dan sangat sepi saat hari mulai gelap. Dulu di sepanjang jalan ini belum banyak atau mungkin belum ada warung-warung tenda yang buka, namun sekarang di sepanjang jalan ini sudah banyak aneka warung makanan dengan aneka menu.

Di depan kuburan umum yang dulu sepi, kini setiap sore berjajar warung-warung tenda yang menggoda, kadang wongbatu saat  menikmati makanan di sana seperti lupa kalau di belakang warung-warung tersebut adalah kuburan yang cukup besar. Apalagi orang-orang dari luar kota, mereka bahkan tidak tahu kalau di belakang warung tersebut kuburan.

Perubahan ini terjadi sejak dilarangnya warung-warung tenda berjualan di area sekitar alaun-alun Kota Batu pada tahun 2011, para pemilik warung kemudian mencari tempat baru untuk membuka warung tenda mereka, salah satu pilihan mereka di depan kuburan di Jl. Agus Salim ini. Hal ini menjadikan warung-warung di jalan ini menjadi pilihan kuliner dan menjadikan suasana menjadi “hidup” di malam hari.

Sejauh pengamatan, warung-warung ini hanya buka sampai sekitar pukul 12 malam, tidak lebih. Hal ini mungkin karena sudah tidak ada pembeli di jam-jam tersebut, atau mungkin merasa ngeri juga jaga di warung dengan latar belakang kuburan…tengah malam….siapa yang tahu….

***

Jatz, 26 Oktober 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.