GOR Ganesha

Ganesha-4

Gedung Olah Raga “Ganesha” atau GOR Ganesha yang terletak disebelah barat alun-alun Kota Batu, sejak diresmikan pada tanggal 14 Oktober 1985 hingga tahun 2012 belum mengalami perubahan. Bentuknya tetap seperti sedia kala, hanya ada perbaikan minor disana-sini, dan terkesan tidak dirawat. Gedung yang dulunya adalah pasar sayur ini sebenarnya fungsinya cukup penting bagi dinamika Kota Batu.

Ganesha-3
Pameran benda-benda purbakala pada sekitar bulan November 2010.

Ratusan event telah digelar di gedung ini, mulai dari event- event kecil semacam perpisahan sekolah sampai dengan tingkat nasional. Event- event yang digelar juga tidak sebatas hanya olah raga, event kesenian seperti pameran lukisan, fotografi, tari tradisional, musik daerah sampai musik Rock, bahkan pameran pembangunan, pasar murah, bazaar, bursa lowongan kerja, sampai kejurda bulu tangkis dan karate pernah digelar disini. Namun yang paling unik bagi penulis adalah, di gedung ini juga pernah digelar pameran benda-benda purbakala pada sekitar bulan November 2010. Sebuah pameran yang langka dan hanya diminati oleh mereka yang memiliki minat atau perhatian khusus pada benda-benda cagar budaya.

Sebelum para pedagang kaki lima diatur seperti sekarang ini, dulu halaman parkir di depan gedung berjajar tenda-tenda bongkar-pasang milik para PKL yang menjajakan aneka jenis makanan lokal seperti Soto, Bakso, Gado-gado,  Lalapan Ayam, Tahu Campur, Siomay Bandung, Pangsit Mie, dan juga aneka minuman seperti Es Campur, Es Buah dll. Tenda-tenda tersebut buka mulai pukul 9 pagi hingga sekitar pukul 5 sore. Pada masa itu halaman parkir ini menjadi salah satu destinasi wisata kuliner bagi wisatawan yang sedang berlibur di Kota Batu. Namun setelah adanya peraturan baru, para PKL tersebut dipindah ke beberapa lokasi strategis di Kota Batu.

Dulu para PKL menempati lahan parkir gedung Ganesha
Dulu para PKL menempati lahan parkir gedung Ganesha

Menurut beberapa media, gedung Ganesha akan segera dirombak menjadi pusat kuliner bernama “KWB Kuliner” dan juga akan direnovasi menjadi gedung olahraga yang lebih representatif untuk penyelenggaraan event- event olahraga atau event lainnya. Semoga perubahan ini membawa dampak positif bagi masyarakat Kota Batu, dan juga menjadi daya tarik wisata bagi wisatawan lokal maupun luar kota.

***

By: Jatz, 31 Mei 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.