Gang-gang dengan Nama Unik di Kota Batu

Gang Buntu & Gang Garasi
Gang Buntu & Gang Garasi

Di Kota Batu terdapat beberapa nama gang yang menurut saya begitu aneh tapi menarik. Berikut ini adalah nama dari gang-gang tersebut yang berhasil saya kumpulkan. Tentu saja masih banyak gang-gang dengan nama atau sebutan lainnya yang masih belum saya ketahui. Gang-gang tersebut antara lain:

1.  Gang Karate

Gang Karate adalah nama salah satu gang di Jl.Suropati yang merupakan jalan utama bagi kendaraan umum terutama bus jurusan Jombang atau Kediri. Disebut Gang Karate karena di gang inilah tempat 8 karateka aliran “Kyokushinkai” dimakamkan akibat terseret ombak di Pantai Ngliyep. Gang ini sendiri lebih dikenal sebagai gang menuju ke tempat pemakaman bagi umat nasrani maupun moslem karena letak pemakamannya bersebelahan. Meski di dalam gang ini sudah banyak rumah penduduk, perumahan, dan pertanian, namun nama Gang Karate identik dengan pemakaman atau kuburan.

2.  Gang Garasi

Gang Garasi adalah nama salah satu gang di Jl.Panglima Sudirman yang merupakan jalur utama di Kota Batu. Di gang ini terdapat barisan panjang garasi mobil yang disewakan bagi mereka yang memiliki mobil namun tidak memiliki lahan yang cukup untuk parkir mobil, sehingga mereka menyewa garasi-garasi tersebut untuk parkir. Hingga saat ini, keberadaan garasi-garasi inipun masih ada. Karena fungsi itulah maka gang yang merupakan jalur utama menuju daerah yang disebut “Klebengan” ini disebut masyarakat dengan Gang Garasi.

3.  Gang Buntu

Gang Buntu adalah nama sebuah gang yang menghubungkan Jl.Suropati dengan Jl.Moh.Sahar. Bisa dikatakan gang ini adalah jalur pintas yang menghubungkan dua jalan tersebut. Menurut cerita, dulunya memang gang ini buntu, hanya bisa diakses melalui Jl.Suropati dan belum tembus sampai Jl.Moh.Sahar. Kemudian karena kebaikan seorang pemilik tanah di gang tersebut, sebagian tanahnya diberikan kepada masyarakat agar gang tersebut bisa tembus sampai Jl.Moh.Sahar. Namun meskipun gang tersebut sudah tembus, masyarakat masih menyebutnya dengan Gang Buntu, sehingga hingga kini sebutan tersebut menjadi nama dari gang tersebut.

4.  Gang Petinggi

Gang Petinggi sebenarnya tidak pantas untuk disebut sebuah gang karena gang ini cukup lebar dan longgar untuk dilewati mobil. Gang ini menghubungkan Jl.Diponegoro dengan Jl.Agus Salim. Menurut cerita, masyrakat menyebut dengan istilah tersebut karena dulu rumah Bapak Petinggi Desa atau kalau sekarang disebut dengan Lurah berada di gang ini, sehingga masyarakat kemudian menyebutnya dengan Gang Petinggi (gang tempat Bapak Petinggi tinggal). Sebutan tersebut bertahan hingga hari ini, dan rasanya masyarakat Kota Batu sudah terbiasa dengan nama tersebut.

5.  Gang Keramat

Gang Keramat adalah sebutan untuk salah satu gang yang terletak di Jl.Diponegoro, tepatnya di sebelah Warung Bethania. Gang ini bisa dikatakan adalah sebuah gang buntu karena ujung dari gang adalah kuburan umum yang cukup luas. Saya sendiri belum mendapat keterangan yang meyakinkan mengapa disebut gang keramat. Dugaan saya karena arah/ujung dari gang ini adalah kuburan maka gang tersebut kemudian disebut dengan gang keramat.

6.  Gang Kulit

Gang Kulit adalah juga sebutan untuk sebuah gang di Jl.Diponegoro. Dapat dipastikan sebutan tersebut muncul karena di dalam gang tersebut terdapat pabrik kulit sehingga akhirnya disebut dengan Gang Kulit.

7.  Gang Macan

Gang Macan terletak di kawasan wisata Songgoriti. Di gerbang gang tersebut terdapat patung seekor harimau sehingga akhirnya disebut dengan Gang Macan. Di gang ini terdapat puluhan rumah penduduk yang disewakan atau diubah menjadi semacam villa bagi para turis lokal maupun luar kota. Berkembangnya Kota Batu menjadi kota wisata menjadikan keberadaan villa-villa di kawasan Songgoriti semakin hidup sehingga dapat menjadi penghasilan tambahan bagi masyarakat setempat.

***

By: Jatz, 9 Agustus 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.