Galeri Raos

Tempat ini dulu adalah gedung KNPI, lalu setelah proses yang cukup lama ditambah dengan kondisi gedung yang makin tidak terawat, maka kemudian gedung ini dirombak total dan menjadi galeri seni di kota Batu dengan nama “Galeri Raos.” Sudah banyak kali para seniman patung dan para pelukis baik dari kota Batu maupun dari luar kota Batu seperti dari Malang, Pasuruan, menggelar pameran di gedung ini.

Dulu sebelum dibangun seperti sekarang, gedung ini sebenarnya juga sudah digunakan untuk acara-acara serupa bahkan sempat beberapa kali digunakan untuk pameran fotografi dan pentas puisi, sekarang dengan kondisi yang sudah dibenahi dengan apik dan desain yang memang sudah dirancang untuk sebuah pameran lukisan atau fotografi, maka gedung ini semakin layak untuk dijadikan ajang referensi bagi masyarakat Batu dan sekitarnya. Dulu lampu-lampu diatur secara serampangan dan apa adanya, bahkan agak terkesan darurat, namun sekarang sudah tertata. Lampu-lampu yang bernyala agak redup tersebut semakin menambah nuansa seni di galeri ini.

Suasana Galeri Raos

Gedung ini berlokasi di Jl.Panglima Sudirman dan tempatnya sangat strategis sehingga mudah untuk ditemukan. Salah satu pelukis besar yang lahir dari gedung ini dan menjadi ikon kota Batu adalah Koeboe Sarawan, namanya sudah berkibar di seluruh Indonesia, hampir setiap seniman lukis mengenalnya. Namun seharusnya harus ada nama-nama besar selain Koeboe Sarawan yang bisa lahir dari kota ini, karena alam kota Batu sangat mendukung untuk lahirnya sebuah inspirasi bagi para seniman muda dan juga bagi mereka yang sudah kawakan.

***

Jatz, 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.