Depot Susu Ganesha

Depot susu “KUD” Batu yang berlokasi di GOR Ganesha Kota Batu usianya hampir setua GOR Ganesha itu sendiri. Menurut salah seorang pegawai di sana, depot susu tersebut sudah ada sejak tahun 1986, sementara GOR Ganesha diresmikan tahun 1985, hanya selisih satu tahun.

Depot Susu & Madu Ganesha
Depot Susu & Madu Ganesha

Produk utama dari depot ini adalah susu sapi murni, bukan susu kaleng ataupun susu bubuk yang biasa dikonsumsi oleh kebanyakan orang. Susu sapi murni ini dijual dalam aneka macam jenis minuman seperti: STMJ (Susu Telur Madu Jahe); STM (Susu Telur Madu); SJ (Susu Jahe) ataupun Susu Manis biasa. Ada juga yang sudah dikemas menjadi minuman botol dengan aneka rasa seperti: coklat, strawberry, vanilla dll., ada juga yang dikemas dalam bentuk yoghurt & yoghjell dengan aneka rasa buah-buahan. Anda pun bisa membelinya dalam kondisi sebelum diolah sama sekali, jadi masih berupa susu sapi murni, untuk yang seperti ini biasanya dijual dalam satuan liter.

Bagi yang belum pernah minum susu sapi murni, maka rasa dari susu ini mungkin akan terasa asing, karena sangat berbeda dengan susu kaleng atau susu bubuk olahan. Bahkan, bagi sebagian orang, mereka tidak bisa minum susu ini karena aroma dan rasanya yang khas.

Tahun-tahun belakangan popularitas susu sapi murni atau lebih sering disebut dengan susu KUD ini makin meningkat. Pengunjungnya bukan lagi penduduk lokal Kota Batu, namun seringkali para turis dari luar kota yang memenuhinya.

Dulu saat pertama kali depot ini dibuka, harga satu gelas STMJ masih Rp.300,- ; namun sekarang sudah mencapai Rp.11.000,-. Rasa STMJ dengan menggunakan susu sapi murni tentulah sangat berbeda dengan yang menggunakan susu kaleng, apalagi dengan STMJ yang dalam bentuk saset. STMJ dengan susu murni lebih berasa dan aromanya lebih kuat. Bisa dicoba bagi anda yang belum pernah mencobanya.

Nama depot ini pun juga sudah berubah, kalau dulu Depot Susu KUD Batu, maka sekarang menjadi Depot Susu & Madu Ganesha – Batu. Depot-depot yang menjual STMJ dengan susu murni pun sekarang tidak lagi didominasi oleh depot ini, sudah ada depot-depot lain yang menjuadl produk yang sama. Namun bagaimanapun juga, depot ini adalah pioner yang menjual susu sapi murni di Kota Batu.

 ***

By: Jatz

Batu, 03 Oktober 2013

One thought on “Depot Susu Ganesha”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.