Bakwan Mentawai…sejak 1980

Siang itu saya menyempatkan diri mengunjungi salah satu depot Bakso yang sudah cukup “tua” di Kota Batu. Namanya “Bakwan Mentawai”, lokasinya ada di Jl.W.R. Soepratman 25 Kota Batu. Pemiliknya mengatakan bahwa Bakwan Mentawai sudah mulai buka sejak tahun 1980, seperempat abad lebih telah eksis di Kota Batu.

“Sebenarnya Bakwan Mentawai ini adalah ikon nya Kota Batu,” kata sang pemilik. Saya hanya tersenyum mendengar ungkapan tersebut. Tetapi jika mengingat keberadaannya yang sudah seperempat abad lebih mungkin ungkapan tersebut tidak berlebihan.

“Bakwan ini sebenarnya merupakan cabang dari Bakwan Mentawai di Malang, namun pada perkembangannya, di sini jauh lebih ramai daripada di pusatnya,” sang pemilik melanjutkan kisahnya. Tersirat di wajahnya sedikit kebanggaan saat menceritakan hal tersebut.

Bakwan Mentawai memang berbeda dibanding dengan bakso-bakso lain yang ada di Kota Batu, baik dari rasa, aroma kuahnya, juga bagian-bagian pelengkap baksonya. Yang paling menarik, Bakwan Mentawai tetap mempertahankan ciri khasnya meski warung-warung bakso lainnya sudah mulai berimprovisasi seperti ukuran bakso/pentol yang diperbesar seukuran bola tenis dsb. Bakwan Mentawai tetap seperti dulu, tidak berubah, dan punya segmen sendiri. Bangunan fisiknya juga sederhana namun cukup nyaman.

Bagi wongbatu Bakwan Mentawai tidaklah asing karena lokasinya terletak di dekat perempatan yang sering disebut dengan “Prapatan Gudang Garem”. Bisa dijadikan alternatif bagi yang ingin berwisata kuliner di Kota Batu.

***

Jatz, 02 Februari 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.