Alun-alun Kota Batu Sekitar Tahun 1985

Entah sudah berapa kali alun-alun Kota Batu dirombak model dan tatanannya. Dulu alun-alun ini adalah Pasar Besar Kota Batu. Setelah terjadi kebakaran besar pada tengah malam, maka pasar kemudian dipindahkan ke lokasi yang sekarang yaitu di Jl.Dewi Sartika, dan tempat bekas pasar tersebut dijadikan alun-alun.

Foto ini adalah secuil keadaan alun-alun sekitar tahun 1985. Alun-alun yang dibangun oleh pabrik rokok terkenal “Bentoel” ini mempunyai model yang unik. Di pojok alun-alun sebelah selatan dibangun sebuah bukit buatan yang kokoh dan indah dengan kolam di tengahnya, lalu dari atas bukit mengalir air terjun buatan melewati celah-celah bukit menuju ke kolam. Bukit ini menjadi semacam “Backdrop” untuk alun-alun.

Di tengah alun-alun dibangun logo rokok Bentoel 3 dimensi yang juga kokoh tapi tetap indah. Herannya, jarang masyarakat Kota Batu yang tahu kalau patung di tengah alun-alun tersebut adalah logo rokok Bentoel. Sementara patung apel sebagai ciri khas Kota Batu dibangun diseberang alun-alun dikitari dengan kolam di sekelilingnya.

Alun-alun 1985-2

Sekitar tahun 1990 alun-alun yang bisa dikatakan merupakan iklan terselubung dari rokok Bentoel ini dirombak dengan model yang lain lagi. Dan setelah itu, perombakan demi perombakan terus terjadi sampai dengan model yang sekarang ini.

Namun, bagaimanapun modelnya, sebuah alun-alun harus tetap bisa menjadi tempat bagi masyarakat untuk menikmati kota dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman dekat.

 ***

–Jatz, Agustus 2012–

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.